Art7wing : Instalasi Normal Arch Linux

Situs Informasi Teknologi Dan Hiburan

Instalasi Normal Arch Linux

01-Sep-2018 / Admin
Art7wing : Instalasi Normal Arch Linux

Arch Linux adalah salah satu distro linux lightweight. Package yang terinstal sangatlah sedikit bahkan tidak ada antarmuka. User langsung dihadapkan pada terminal saat instalasi bahkan setelah instalasi normal. Tapi user dimudahkan dengan dukungan instalasi package desktop yang baik. Tetapi pada kesempatan ini hanya akan ditunjukkan pada instalasi normal. Dan anda sudah sedikit mengenal Linux, karena tidak akan dijelaskan lebih detail.

Hal yang perlu disiapkan :
-Adanya koneksi Internet lewat Wi-fi
-Partisi untuk sistem, rekomendasi 15 Gb atau lebih jika akan install desktop.
-Partisi untuk boot, rekomendasi 1 Gb.
-Partisi untuk swap, rekomendasi 2 Gb.

1. Menformat Partisi Sistem dan Boot

Sebelum menformat partisi, ketahui nama partisi dengan "fdisk -l" yang akan menampilkan nama-nama partisi (ex : "/dev/sdXX", "/dev/sda1"). Setelah itu format partisi sistem dan boot ke bentuk ext4 dengan "mkfs.ext4 nama_partisi" (ex : "mkfs.ext4 /dev/sdXX").

2. Menformat Partsi Swap dan Mengaktifkan Swap

Untuk menformat partisi swap dengan "mkswap nama_partisi" (ex : "mkswap /dev/sdXX"). Dan untuk mengaktifkannya dengan perintah "swapon nama_partisi" (ex : "swapon /dev/sdXX").

3. Mount Partisi Sistem Dan Mount Partisi Boot Ke Folder Boot

Untuk melakukan mount partisi sistem, yaitu dengan perintah "mount nama_partisi /mnt" (ex: "mount /dev/sdXX /mnt"). Lalu buat folder boot pada folder mount sistem dengan "mkdir /mnt/boot". Kemudian mount partisi boot pada folder yang dibuat tadi dengan "mount /dev/sdXX /mnt/boot".

4. Koneksi Internet

Sebetulnya tahap ini bisa dilakukan pada tahap paling pertama. Untuk melakukan koneksi internet Wi-fi dengan "wifi-menu" maka akan muncul daftar Wi-fi yang tersedia.

5. Update Waktu Sistem

Tahap ini tidak wajib karena hanya untuk mengkoreksi waktu pada sistem. Untuk mengkoreksi waktu pada sistem dengan perintah "timedatectl set-ntp true".

6. Instalasi Sistem Pada Partisi Sistem

Pada tahap ini pastikan internet aktif dengan melakukan ping pada domain online (ex: "ping google.com"). Jika sudah online maka jalankan perintah instalasi pada folder mount partisi sistem dengan "pacstrap /mnt base".

7. Generasikan Fstab

Fstab merupakan fitur wajib digenerasikan agar sistem yang diinstal dapat mengoperasikan dan beroperasi pada disk. Untuk menngenerasikan dengan perintah "genfstab -U /mnt >> /mnt/etc/fstab".

8. Masuk Menjadi Root Pada Sistem Yang Terinstal

Jika tahap diatas tidak ada kesalahan, maka seharusnya sistem telah terinstal. Tetapi diperlukan konfigurasi melalui root sistem sebelum benar-benar sistem beroperasi. Untuk masuk kedalam root sistem yakni dengan "arch-chroot /mnt".

9. Setting Waktu Yang Di Inginkan

Untuk setting waktu anda perlu mencari negara dan kota pada alamat "/usr/share/zoneinfo/Negara/Kota". Jika menemukan aplikasikan pada perintah "ln -sf /usr/share/zoneinfo/Negara/Kota /etc/localtime".

10. Setting Locale

Locale merupakan patokan yang digunakan sistem operasi ini melakukan kegiatan berkaitan teks, perintah, papan ketik bahkan waktu. Jadi sangat penting sekali melakukan seting locale. Umumnya aplikasi menggunakan locale "en_US.UTF-8 UTF-8" jadi jalankan "locale-gen" maka locale akan diseting dan generasikan secara otomatis.

11. Setting Password Root Pada Sistem

Pada sistem operasi arch-linux yang terinstal hanya terdapat satu akun yaitu root dengan username "root". Untuk mensetting password root yaitu dengan perintah "passwd" lalu ketik password yang diinginkan.

12. Install Software Tambahan

Pada sistem operasi yang sudah terinstal tersebut, sangat sedikit package yang terinstall bahkan untuk fitur Wi-fi. Untuk itu install package yang dibutuhkan dalam menjalankan Wi-fi atau "wifi-menu" berhubung masih dalam koneksi internet. Jalankan perintah install package dengan "pacman -S dialog wpa_supplicant".

Untuk shutdown dan melanjutkan boot ke arch-linux ketik perintah "exit" lalu "shutdown now". Itulah sekian panduan instalasi normal arch-linux. Jika ada tambahan atau kurang berkenan silahkan tulis di komentar.

Bagikan ini :
Komentar :
Belum ada komentar
© 2020 Art7wing