Art7wing : Sekilas Kisah Jack Ma Dengan Alibaba

Situs Informasi Teknologi Dan Hiburan

Sekilas Kisah Jack Ma Dengan Alibaba

09-Sep-2018 / Admin
Art7wing : Sekilas Kisah Jack Ma Dengan Alibaba

Alibaba merupakan platform transaksi yang menyediakan berbagai bentuk model transaksi seperti customer-to-customer, business-to-customer ataupun business-to-business. Platform ini semakin diminati dari tahun 2014 smpai saat ini. Dan di tahun 2018 ini, menjadi brand termahal ke-2 se-Asia setelah Tencent.

Keberhasilan Alibaba tidak lepas dari sosok co-founder atau pendirinya yakni Jack Ma. Dia lahir pada 15 October 1964 di Hangzhou, China dari keluarga pemain musik dan pembawa cerita. Dia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Di masa remaja, dirinya berada pada era bergejolaknya pemerintahan Komunis yang membuat negara tertutup dengan negara luar. Di tahun 1972, turis banyak berdatangan ke negaranya. Dia menggunakan kesempatan itu untuk mempelajari negara luar.

Pendidikannya berkali-kali mengalami kegagalan, Jack Ma tidak lulus Primary School (setara Sekolah Dasar) sebanyak dua kali. Dan di Middle School (setara SMP) dirinya tidak lulus sebanyak tiga kali. Setelah lulus High School (setara SMA) dirinya mencoba mendaftar pada Universitas Harvard tetapi ditolak sebanyak sepuluh kali. Akhirnya dia melanjutkan di Universitas Hangzhou dan lulus sebagai sarjana Inggris.

Setelah lulus Jack Ma mencoba pekerjaan polisi, tetapi pekerjaan itu tidak banyak memberikan waktu luang dan akhirnya berhenti. Lalu dia mencoba menjadi pengajar di universitas lokal. Lalu di beralih pekerjaan dan mendirikan usaha penerjemah di Amerika. Disini dia mulai tertarik dengan internet, setelah rekannya mengajari menggunakan website pencarian. Dirinya menyadari ada peluang bisnis dengan menghubungkan transaksi dari seluruh dunia. Bersama rekannya dirinya membangun website jual beli bernama Chinapage. Namun dengan terpaksa menghentikan usaha tersebut karena kehabisan dana.

Pada tahun 1999 Jack Ma tidak berhenti berusaha, dirinya bekerja sambilan sambil mendekati Jarry Yang yang merupakan founder dari Yahoo. Usaha Jack Ma tidak sia-sia, Jarry Yang memberikan bantuan dana. Kemudian Jack Ma berhenti dari pekerjaan sambilannya dan membentuk sebuah tim termasuk istrinya untuk membangun platform Alibaba. Platform tersebut menfasiltasi transaksi nasional hingga internasional dengan berbagai bentuk model transaksi. Platform tersebut semakin diminati, meski sempat dikritisi oleh kelompok Silicon Valley dan pemerintahan Amerika karena model bisnis yang dipakai tidak cocok digunakan waktu itu. Jack Ma menghiraukan semua kritik itu, terbukti dengan keberhasilannya mendapatkan investasi dari Goldman Sachs sebesar 5 juta dollar dan Soft Bank sebesar 20 juta dollar.

Jarry Yang dan Jack Ma

Dan di tahun 2000, dirinya melihat peluang besar di pasar internasional dengan penambahan fitur dan layanan pada Alibaba. Alibaba semakin berkembang hingga dapat mengakusi Ebay menjadi Alibaba Corp. Pada tahun Alibaba mendapatkan investasi sebesar 1 miliar dollar dari Yahoo atas kepemilikan 40% stock milik Alibaba. Di tahun 2014, Jack Ma mendaftarkan Alibaba pada stock exchange dan mendapatkan keuntungan 25 miliar dolar. Alibaba Group semakin berkembang menjadi perusahaan besar yang ada di luar United States.

Bagikan ini :
Komentar :
Belum ada komentar
© 2021 Art7wing