Art7wing : Apa Itu "AAA" Dalam Industri Game

Situs Informasi Teknologi Dan Hiburan

Apa Itu "AAA" Dalam Industri Game

11-Jan-2019 / Admin
Art7wing : Apa Itu "AAA" Dalam Industri Game

Mungkin kamu akan sering mendengar sebutan "AAA" saat mendalami pembuatan game. Sebutan tersebut digunakan untuk menyebut pembuat game dengan ukuran perusahan sedang sampai perusahaan besar. Biasanya pembuat game tersebut membutuhkan modal produksi dan pemasaran yang sangat besar.

Sebutan ini mulai digunakan oleh beberapa perusahaan game pada tahun 1999, tercatat pada buku berjudul High Score!: The Illustrated History of Electronic Games (First ed.) tahun 2002. Modal yang digunakan perusahaan berkelas AAA sekitar 15 sampai 20 juta dolar selama tahun 2000 terakhir. Contohnya pembuatan game Halo 3 yang membutuhkan 30 juta dolar untuk produksi dan 40 juta dolar untuk pemasaran.

Di tahun 2010, mulai banyak munculnya game MMO (massively multiplayer online). Game dengan tipe ini menjual layanan, item, kustomisasi game, dan sebagainya yang memberikan kesempatan perusahaan mendapatkan revenue/pendapatan lebih. Dengan massive-nya dan suksesnya MMO, muncul sebutan "AAA+" mengarah pada perusahaan dengan kelas AAA yang mendapatkan pendapatan berdasarkan waktu dan selama game berjalan atau dikenal dengan SaaS (software as a service). Contohnya game Overwatch, League of Legends, dan sebagainya dimainkan oleh banyak pemain yang terkoneksi lewat internet.

Hal serupa pada pembuat game Indie yang mendapat sebutan Triple-I. Pembuat game mendapat sebutan itu karena modal, revenue/pendapatan dan cangkupan pemasaran yang cukup tinggi.

Bagikan ini :
Komentar :
Belum ada komentar
© 2020 Art7wing