Art7wing : Mount Partisi EFI Dengan Windows

Situs Informasi Teknologi Dan Hiburan

Mount Partisi EFI Dengan Windows

16-Jun-2019 / Admin
Art7wing : Mount Partisi EFI Dengan Windows

EFI (Extensible Firmware Interface) merupakan sebuah sistem partisi yang mengikuti sistem input dan output UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) yang berada di boot. Saat komputer dinyalakan, UEFI akan memproses file boot yang terinstal pada partisi EFI. Dengan perkembangan teknologi ini membuat sistem operasi lebih mudah mengaplikasikan sistem boot-nya masing-masing. Dengan penngembangan sistem boot seperti GRUB ataupun Clover saat ini, pengguna komputer bisa melakukan kustomisasi atau perbaikan secara aman.

Kini sistem EFI banyak dikembangkan untuk sistem dual boot, dimana lebih dari satu sistem operasi terinstal pada satu komputer. Beberapa sistem boot yang mendukung dual boot seperti GRUB dan Clover. Namun terkadang sistem boot yang diaplikasikan oleh sistem operasi menumpuk sehingga muncul masalah boot. Dari beberapa pengaplikasian sistem boot yang paling sering menumpuk yaitu sistem operasi Windows. Sistem operasi Windows sama sekali tidak memberi dukungan dual boot sehingga setelah pengaplikasian sistem boot oleh Windows, setelah melakukan shutdown/restart hanya sistem operasi Windows yang diproses pada boot. Sehingga jika ingin memperbaiki dual boot pada partisi EFI mungkin satu-satunya cara melalukan mount partisi EFI melalui sistem operasi Windows.

Untuk melakukan mount partisi EFI pada sistem operasi Windows menggunakan Command Prompt, Diskpart dan Explorer++. Pertama-tama buka Command Prompt dengan akses Administrator (Run as Administrator), kemudian masukkan pertintah "dikspart".

Dengan memasukkan perintah tersebut maka akan masuk pada aplikasi Diskpart. Lalu melihat daftar harddisk dengan perintah "list disk" dan memilih harddisk dimana partsi EFI berada dengan perintah "select disk x" (Ex: "select disk 0").

"list disk"

"select disk x"

Kemudian melihat daftar partisi dengan perintah "list partition" dan memilih partisi EFI dengan perintah "select partition x" (Ex: "select partition 1").

"list partition"

"select partition x"

Lalu melakukan mount menngunakan letter dengan perintah "assign letter x" (Ex : "assign letter z"). Sebaiknya cek letter yang tidak terpakai terlebih dahulu dengan File Explorer atau Disk Management.

"assign letter x"

Jika sudah jalankan Explorer++ dengan akses Administrator (Run as Administrator) untuk mengakses partisi EFI.

Explorer++

Bagikan ini :
Komentar :
Belum ada komentar
© 2021 Art7wing