Art7wing : Kekhawatiran Deepfake Di Amerika Serikat Akan Pemilihan Presiden 2020

Situs Informasi Teknologi Dan Hiburan

Kekhawatiran Deepfake Di Amerika Serikat Akan Pemilihan Presiden 2020

21-Jun-2019 / Admin
Art7wing : Kekhawatiran Deepfake Di Amerika Serikat Akan Pemilihan Presiden 2020

Amerika Serikat akan menghadapi pemilihan umum kembali pada tahun 2020 mendatang. Dari politikus, kandidat presiden, dan ilmuwan khawatir tentang banyak temuan video palsu. Bahaya video palsu ditambah dengan temuan bahwa pembuatan video menggunakan artis dan politisi. Menurut para ahli video palsu dibuat dengan bagian wajah dari rekaman atau foto asli kemudian digabungkan dengan rekaman palsu. Teknik tersebut termasuk dalam deepfake, merupakan gabungan kata "deep learning" dan "fake" merupakan pembuatan simulasi dengan artificial intelligence (AI) menyerupai berdasarkan aslinya. Beberapa ilmuan dari berbagai universitas mencoba mebuat deepfake untuk membuktikan deepfake benar-benar dapat dibuat.

Profesor Hany Farid dari universitas Dartmouth mengembangkan software yang dapat mendeteksi deepfake. Untuk mengujinya dirinya telah mencoba dengan deepfake buatan University of Southern California. Dirinya berharap software/aplikasinya bisa diaplikasikan pada banyak website yang memberikan fasilitas video.

Menurut pengalaman Hany Farid sejak tahun 1990 saat pertama kali belajar image forensics hingga sekarang, video bohong merupakan yang paling sulit ditangani. Dirinya tidak memberi tahukan bagaimana software/aplikasinya bekerja karena dia ingin agar munculnya berbagai pendekatan baru yang muncul dalam mendeteksi deepfake.

Bagikan ini :
Komentar :
Belum ada komentar
© 2020 Art7wing