Art7wing : Tentang Silicon Valley

Situs Informasi Teknologi Dan Hiburan

Tentang Silicon Valley

07-Mar-2018 / Admin
Art7wing : Tentang Silicon Valley

Pernah dengar Silicon Valley, Mountain View atau …. Google, ya nama-nama tersebut saling berkaitan. Perusahaan-perusahan teknologi terkenal seperti Google, Facebook, Apple, berkantor di daerah yang berdekatan, dimana daerah tersebut dinamakan Sillicon Valley. Silicon Valley berada di negara bagian dari Amerika Serikat yaitu California, dan berdekatan dengan teluk San Francisco.

Pada awalnya Silicon Valley merupakan tempat dimana banyak inovator dan perusahaan teknologi chip berkembang. Lambat laun tidak hanya menjadi pusat perusahaan hardware, tetapi juga menjadi pusat perusahaan teknologi terkemuka disegala bidang seperti Google, Facebook ataupun NASA.

Setiap tahunnya ribuan mahasiswa datang untuk magang di perusahaan-perusahaan terkenal Silicon Valley. Seperti mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komputer ini, Farishki Vidyan megirimkan resume keduanya di bulan Oktober setelah sebelumnya gagal pada perusahaan Mozilla. Farishki memulai magangnya di bulan Juni sampai September sebagai Platform Enginering Intern dan bertugas untuk mngembangkan fitur baru browser Firefox. Menurut Nichole Gibson, perekrut mahasiswa pada Mozilla ini mempekerjakan 64 pekerja magang dari 14 negara di perusahaan Mozilla. Menurut Glassdoor situs yang mendata gaji di berbagai perusahaan, pada umumnya pekerja magang di berbagai perusahaan teknologi di Silicon Valley mendapat gaji antata 6.000 sampai 10.000 dolar sebulan.

Sebagai tempatnya perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka, membuat Silicon Valley mempunyai obyek-obyek wisata dari perusahaan-perusahaan itu pula. Banyak perusahaan membebaskan pengunjung untuk dapat melihat rutinitas para pegawainya bahkan dapat ikut andil dalam kegiatan-kegiatan perusahaan tersebut. Seperti pengalaman Reporter Kompas Tenkno yakni Tini Bohang yang megikuti event I/O 17 yang diselenggarakan Google di salah satu kantor Google yakni GooglePlex. Di sepanjang jalan bisa ditemui banyak pegawai Google sedang beraktivitas seperti makan di Charlie’s Cafe, bersantai di Yoshka’s Cafe, bermain game dengan berbagai platform di salah satu fasilitas Google. Disana Tina juga mengunjungi Android Statue Park dan mencoba bersepeda dengan Gbike yakni fasilitas sepeda Google. Untuk mendapatkan oleh-oleh sebelum pulang Tina mengunjungi Google Store yang menjual segala macam franchise Google dan beberapa produk Google.

Populasi di Silicon Valley sekitar 3.5 sampai 4 juta. Dimana menurut sebuah studi tahun 1999 oleh AnnaLee Saxenian dari Public Policy Institute California melaporkan bahwa sepertiga ilmuwan dan insinyur Silicon Valley adalah imigran dan hampir seperempat perusahaan teknologi tinggi Silicon Valley sejak tahun 1980 dijalankan oleh Cina (17 persen) atau CEO India (7 persen). Jadi jika anda menjadi turis ataupun menjadi imigran tidak perlu takut, karena anda tidak sendiri.

Dari sekian banyak hal-hal menarik di Silicon Valley, terdapat sisi kelam dimana harga sewa tempat tinggal terlampau mahal. Contohnya satu ruang apatemen yang dimiliki oleh perusahaan Equity Residential, di tahun 2014 harga sewanya mencapai 1.064 dollar AS. Berdasarkan penelitian Axiometrics Inc, yang berbasi di Dallas, Texas, permintaan perumahan sewa telah meningkat, terutama setelah sekitar 5 juta pemilik rumah kehilangan rumah akibat penyitaan sejak 2008 lalu. Biaya sewa di AS pun meningkat 16 persen dalam lima tahun terakhir ini.

Sehingga membuat banyak penduduk Silicon Valley menjadi terlantar. Kegiatan sehari-hari yang bersifat pribadi seperti mandi, tidur, merupakan pemandangan yang biasa di tempat umum. Banyak penduduk memilih mobil dari pada harus menyewa atau membeli tempat tinggal.

Bagikan ini :
Komentar :
Belum ada komentar
© 2020 Art7wing