Art7wing : Mengenal Vim Text Editor

Situs Informasi Teknologi Dan Hiburan

Mengenal Vim Text Editor

30-Mar-2018 / Admin
Art7wing : Mengenal Vim Text Editor

Vim pada awalnya merupakan aplikasi text editor yang memiliki fitur lengkap sesuai kebutuhan dan dapat dijalankan pada suatu sistem dengan grafis rendah seperti command-line/terminal. Text editor ini sering digunakan oleh advanced user yang berkutat di dunia komputer. Dikarenakan penggunaan sistem grafis minim inilah membuat text editor ini sulit digunakan oleh pengguna umumnya yang terbiasa dengan Graphical User Interface (GUI). Dalam penngunaan text editor ini tidak seperti text editor berbasis GUI lainnya, dimana banyak perintah yang herus dihafal untuk menggunakan perintah-perintah untuk meggunakan fitur yang ada. Tetapi seiring dengan perkembagan, developer Vim menyediakan versi GUI yang dapat berjalan di beberapa sistem operasi.

1. Memulai File Teks Baru
Untuk memulai file teks baru, kita perlu command-line/ terminal yang telah terintegrasi dengan Vim, lalu menuliskan perintah pada terminal untuk memanggil aplikasi dan mendefiniskan nama file yang kita buat. Contohnya : 'vim text.txt'

2. Normal Mode
Setelah anda menjalankan pertintah tersebut maka anda masuk dalam Normal Mode dari text editor Vim. Disini anda bisa memasukkan perintah untuk memodifikasi teks seperti menghapus, mencari atau sekedar bernavigasi dengan cursor anda. Tetapi pada mode ini anda tidak dapat menulis, jika anda mengetik pada mode ini memungkinkan anda menjalankan perintah untuk memodifikasi teks.

3. Insert Mode
Pada Insert Mode ini anda dapat menulis layaknya text editor, untuk masuk pada mode ini anda perlu menekan perintah ' i '. pada Normal Mode, maka terlihat '-INSERT-' yang menandakan anda berada pada Insert Mode. Dan jika sudah mengetik sebuah teks, kita kembali ke Normal Mode untuk mecoba hal lainnya dengan menekan perintah ' Esc '. Dimana kebanyakan mode pada Vim untuk untuk kembali ke Normal Mode yaitu mengggunakan perintah ' Esc '.

4. Visual Mode
Pada Visual Mode kita dapat menghapus, menggabung dan lainnya berdasarkan posisi awal kursor. Dari Normal Mode untuk masuk ke Visual Mode, kita perlu menekan perintah ' v ' pada teks yang ingin kita seleksi. Lalu seleksi dengan mengerakkan kursor dengan tombol arah navigasi keyboard.

Jika kita ingin menghapus teks yang kita seleksi tekan ' x ', maka tulisan yang kita pilih akan terhapus.

5. Command-line Command
Pada bagian ini anda bisa melakukan berbagai operasi seperti menyimpan file, membaca panduan atau keluar dari Vim. Sebagai contoh ketika kita ingin menyimpan file, kita perlu masuk ke Command Line Command terlebih dahulu dengan mencoba mengetik ' : ', maka tanda dua akan keluar di pojo kiri bawah menunggu perintah selanjutnya. Lalu ketik perintah ' w ' untuk simpan file kemudian tekan Enter, maka file anda tersimpan. Begitu pun dengan perintah ' help ' untuk membaca panduan dan ' q ' untuk keluar.

6. Pecarian
Kembali kita ke Normal Mode dan siapkan tulisan yang panjang untuk mencoba fitur search pada Vim. Untuk lakukan pencarian kita perlu menekan menekan perintah ' / ' dilanjutkan dengan teks yang ingin kita cari, lalu tekan Enter. Maka cursor akan menuju posisi hasil pencarian pertama, untuk ke hasil pencarian selanjutnya tekan ' n ' dan pencarian sebelumnya tekan ' N '. Dan jika anda ingin memodifikasi teks pada posisi kursor, anda hanya perlu pindah ke Insert Mode dengan menekan ' i '.

Sekian sekilas dari penggunaan Vim text editor. Semoga artikel ini bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.

Bagikan ini :
Komentar :
Belum ada komentar
© 2021 Art7wing